Kunyahlah Makananmu

Standard

##

Buat saya yang namanya makan itu harus dinikmati. Take your time, relax and enjoy your meal (semoga bener bahasa Inggrisnya πŸ˜‰ ).Β  Pualing males kalo makan terburu-buru ato diburu-buru. Mending engga makan dan nahan laper deh.

Buat saya, makan juga harus dikunyah dengan benar, sampai halus (ya ga sampai jadi ampas juga sih πŸ™„Β  , tapi paling engga saat itu makanan masuk melewati kerongkongan trus masuk ke perut, ga terasa sakit .

Kunyahlah makananmu sebanyak 33 kali, gitu nasehat orang tua dulu. Nah yang saya perhatiin cara makan saya ternyata saya dapat dari papa. Papa kalo dahar (bhs jawa utk makan), duduk manis menghadap meja makan, konsentrasi ke makanan yang beliau makan. Kalo kami ajak ngobrol, beliau akan jawab setelah makanan dimulut terkunyah dengan baik dan di telan. Beliau ga pernah ngobrol dengan mulut penuh makanan. Dan kalo lagi dahar, wajah beliau juga selalu fokus ke piring makanannya. Saya juga begitu.

Nah, gara-gara cara makan seperti ini, saya selalu jadi pusat perhatian orang-orang disekitar saya. Teman ato sodara.Β  Soalnya kalo lagi acara makan bareng, saya selalu yang paling terakhir nyelesain makan saya.

Sepupu saya pernah diam-diam merhatiin saya makan, katanya “Yani kalo makan lama tapi habis ya. kayaknya menikmati banget makannya”.

Ato adik ipar yang komen, “Lo makan dari tadi blom abis tuh?” (sementara dia udah cuci piringnya :lol:)

Ada teman yang suka sebel liat cara makan saya, biasanya pake bhs Jawa dia ngomel, “ndang enteke tho” (buruan abisin tho).Β  Biasanya kalo dia udah ngomel gitu saya bales, “makanya kalo makan jangan kayak ular dong. Makan langsung telan gitu. Ga nikmat banget”. 😈 . Misuh misuh dia, dibilang kayak ular πŸ˜† . Piss ah.

Gimana dong?

Serba salah emang kalo lagi makan bareng gitu. Untungnya suami juga sama seperti saya. Selalu menikmati makanan yang dimakan. Ga pernah terburu-buru ngabisin makan.

Beda ama Diva, anak perempuan saya. Begitu makanan masuk mulut, dua kali kunyah langsung telan. Aduh sakit deh perut ini kalo liat Diva makan. Berkali-kali dinasehati tetap aja cuek. Katanya “ga enak bu, kelamaan”.

Malahan gantian Diva komen, waktu liat saya makan mangga, “ibu makan mangga aja kayak makan ayam, dikunyahnya kayak gitu”. πŸ˜•

Biarlah apa kata mereka, yang penting khan saya masih bisa menikmati makanan yang tersaji.

Jadi, ada yang mau undang saya makan? πŸ˜€

5 responses »

  1. wow… saya juga tergolong yang makannya lama, tapi bukan karena ngunyahnya lama, tapi makannya disambi-sambi *geleng-geleng kepala*

    sepertinya saya ingin mengikuti tipsnya mbak nih πŸ˜€

    • Nah saya ga banget tuh makan disambi-sambi. Sepertinya kok ga punya waktu buat menikmati anugerah Tuhan.
      Lagian kalo makan dikunyah dengan benar, konon ga bikin gemuk loh *katanya looooh πŸ˜‰

      • walah, saya malah ingin gemuk loh Mbak πŸ˜€ soalnya saya cungkring. Padahal dulu berharap setelah punya anak bisa gemuk, eh gak berubah –“

      • Ga bisa gemuk soalnya makannya disambi ini itu. kayak saya dulu waktu anak-anak masih balita. Sekarang stlh mereka ABG, saya sudah bisa menikmati makanan saya. πŸ˜‰

      • iya Mbak, makannya disambi, jagain atau nguber anak yang udah semangat banget lari-larian

Leave a comment